[3][Kompetisi][slideshow-v2][450]

Kolaborasi Komunitas Aceh Semarakkan Earth Day 2016

Kolaborasi komunitas Aceh menyemarakkan Earth Day 2016 dalam rangkaian kegiatan Festival Kota Kita pada hari Sabtu, 23 April 2106. Dalam keg...

Kolaborasi komunitas Aceh menyemarakkan Earth Day 2016 dalam rangkaian kegiatan Festival Kota Kita pada hari Sabtu, 23 April 2106. Dalam kegiatan tersebut, puluhan komunitas yang terlibat mengambil start point di Taman Sari, Banda Aceh yang juga merupakan sekretariat panitia bersama Festival Kota Kita.



Earth Day 2016 dibuka dengan kegiatan bersih-bersih (clean up) di Titik Nol Banda Aceh di Gampong Pande. Dalam kesempatan itu dilaksanakan pula penanaman dua puluh tanaman di sekitar lokasi tersebut.

Rombongan komunitas kemudian menuju jalur Jembatan Ulee Lheue, atau tepatnya Jembatan yang menghubungkan Ulee Lheue dengan Kampung Jawa. Di lokasi yang kini menjadi tempat wisata alternatif baru ini, dilakukan kegiatan operasi hijau dengan membersihkan sampah di lingkungan tersebut.

Selanjutnya, peserta kegiatan Earth Day 2016 menuju TPS 3R (Tempat Pembuangan Sampah Reduce - Reuse - Recycle) di Gampong Lambung untuk mengikuti Edukasi Limbah dan Pilah Sampah. Acara edukasi ini dipandu langsung oleh Gemal Bakri, pengelola TPS 3R Gampong Lambung.

Gemal berbagi kisahnya mendirikan TPS 3R yang bermula dari upaya memilah sampah di keluarganya hingga kini konsepnya telah diterima luas oleh masyarakat Gampong Lambung yang menyadari bahwa terdapat potensi meningkatkan perekonomian keluarga dari upaya memilah dan mendaur ulang sampah mereka.



Earth Day 2016 merupakan upaya kolaborasi komunitas Aceh dalam menyebarkan pesan tentang ekosistem kita. Bahwa lingkungan yang kita huni bukan hanya untuk hari ini. Tapi akan kita wariskan untuk generasi penerus kita kelak.


Banda Aceh, 29 April 2016


Lebih lengkap bisa ditelusuri:

1. Artikel dari KOPHI (Koalisi Pemuda Hijau Pemuda Indonesia)

http://kophiaceh.blogspot.co.id/2016/04/kophi-aceh-dan-hari-bumi-kotaku-kotamu.html
Info 4424232005383287687

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Instagram Gallery

Popular Posts